Friday, June 4, 2010

Perbedaan E-Bisnis dan E-commerce



Kedua topik diatas memang memiliki kesamaan dalam sama sama menggunakan media internet sebagai alat bantu. Namun dalam hal ini dapat dikatakan e-commerce merupakan sub bagian dari e-bussines.
Jika ditinjau lebih menjauh ebisnis memiliki makna lebih luas atau menjalankan bisnis menggunakan teknologi tertentu untuk mendapatkan keuntungan yang memiliki dampak yang besar kepada bisnis secar keseluruhan.

Sementara e-commerce mengacu kepada penggunaan internet untuk belanja online, seperti untuk belanja produk dan jasa. Contohnya terjadi ketika konsumen men-order tiket, buku atau hadiah, produk berwujud maupun tidak berwujud melalui internet. Sampel lainnya ketika sebuah organisasi atau individu membayarkan sejumlah uang via internet.

Istilah e-bisnis meng-cover semua area bisnis. E-bisnis terjadi ketika perusahaan atau individu berkomunikasi dengan para klien atau nasabah melalui email. Pemasaran dilakukan melalui internet, menjual produk atau jasa melalui internet, menggunakan internet untuk riset pasar, menggunakan internet untuk meng-hire orang, menggunakan internet untuk promosi produk dan jasa, dan sebagainya.
Ilustrasi lainnya, order buku di Amazon.com termasuk pada e-commerce dan e-bisnis. Membuat sebuah peta dengan arahan dari rumah ke kantor pos di yahoo.com merupakan e-bisnis tapi tidak melibatkan e-commerce.

Memang terkadang banyak hal membingungkan dari istilah-istilah tersebut. Kebingungannya seperti istilah marketing (pemasaran) dan sales (penjualan). Sales merupakan bagian dari marketing. Marketing termasuk aktivitas lain seperti periklanan, yang bukan merupakan bagian dari sales. sumber(wirausaha.com)

(sumber: http://w4y21.wordpress.com)

0 komentar:

Post a Comment

♥E X I S T M E T E R♥


elvatyka on facebook
Click !!